Menyajikan Hyperlink

1)    Anatomi hyperlink
Salah satu kelebihan dokumen HTML adalah memiliki kemampuan untuk saling terkait dengan dokumen lain. Link (sebutan singkat dari hyperlink text) adalah suatu metode yang digunakan dalam HTML untuk membuat hubungan antar halaman yang terdapat dalam satu situs web. Semua halaman web yang ada di internet hampir bisa dipastikan memiliki link. Secara umum, fungsi link adalah untuk memudahkan pengunjung web dalam menulusuri/menjelajahi seluruh isi atau informasi yang tersimpan dalam situs web bersangkutan.
 Dalam keadaan default (normal), suatu link akan ditandari dengan teks berwarna biru yang memiliki garis bawah. Meskipun demikian, kita dapat mengubah warna dan gaya link sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita melalui pembuatan kode CSS.jika kita mengarahkan kursor ke suatu link tertentu, maka penunjuk mouse akan berubah menjadi gambar tangan dengan satu jari yang sedang menunjuk
Mengenal Tag <a> (anchor)
Untuk membuat suatu link, HTML menyediakan satu tag khusus, yaitu tag <a>, yang berpasangan dengan </a>. Setiap teks yang diapit oleh tag ini akan ditampilkan sebagai link. Bentuk umum pembuat link dalam dokumen HTML adalah sebagai berikut :
<a href="DokumenLain">Teks Link</a>

                                                        
Atribut HREF dalam tag <a> berfungsi untuk menentukan dokumen atau halaman mana yang akan dipanggil saat link tersebut di klik atau dipilih oleh pengunjung web.
Contoh :
<a href=”index.html”>Home</a><br />
<a href=”about.html”>Tentang Kami</a><br />
<a href=”contact.html”>Kontak</a>
Pada contoh diatas kita membuat tiga buah link dengan teks : Home, Tentang kami, dan kontak. Ketika pengunjung melakukan klik terhadap link pertama (home), web browser akan menampilkan dokumen yang disimpan dalam file index.html. Begitu juga dengan link kedua (Tentang Kami) dan ketiga (Kontak), setiap di klik akan menjadikan web browser menampilkan dokumen yang terdapat pada file about.html dan contact.html.
Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian nama dokumen web, agar link dapat berfungsi dengan baik :
·         Penamaan file dengan huruf kecil semua
·         Jangan ada spasi serta hindari non-karakter alphabet

Rangkuman

Dari kegiatan belajar diatas dapat dibuat rangkuman materi seperti berikut
§  Link (sebutan singkat dari hyperlink text) adalah suatu metode yang digunakan dalam HTML untuk membuat hubungan antar halaman yang terdapat dalam satu situs web.

§  Tag untuk membuat link adalah <a href=””>, dimana atribut href=”” berisi URL atau alamat dari halaman yang akan dituju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

: Jenis – Jenis Link dalam HTML

Biodata Atau Profil Cristiano Ronaldo CR7

Fungsi tata letak pada typografi