Alur dan Perangkat Pengembangan Aplikasi Web
- Alur Pengembangan Aplikasi Web
Berdasarkan persepsi dari beberapa
pengembang perangkat lunak dan ahli-ahli dalam bidang rekayasa perangkat lunak
(software engineering professional), Pengembangan Aplikasi Web tidaklah sama
dengan rekayasa perangkat lunak walaupun keduanya melibatkan pemrograman dan
pengembangan perangkat lunak.
Walaupun banyak mengadopsi prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, Pengembangan Aplikasi Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu, teknik dan panduan yang memenuhi persyaratan pembuatan sistem berbasis web.
Pengembangan sistem berbasis web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak konvensional, dimana pengembangan sistem berbasis web lebih banyak menghadapi tantangan. Pengembangan Aplikasi Web adalah gabungan dari print publishing dan pengambangan perangkat lunak, diantara marketing dan perhitungan dan diantara seni dan teknologi.
Walaupun banyak mengadopsi prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, Pengembangan Aplikasi Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu, teknik dan panduan yang memenuhi persyaratan pembuatan sistem berbasis web.
Pengembangan sistem berbasis web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak konvensional, dimana pengembangan sistem berbasis web lebih banyak menghadapi tantangan. Pengembangan Aplikasi Web adalah gabungan dari print publishing dan pengambangan perangkat lunak, diantara marketing dan perhitungan dan diantara seni dan teknologi.
Alternatif model dari Pengembangan
Aplikasi Web adalah sebagai berikut :
Formulasi
(formulation)
Kegiatan yang berfungsi
untuk merumuskan tujuan dan ukuran dari aplikasi berbasis web serta menentukan
batasannya sistem.
Tujuan yang ingin dicapai
bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu :
1. Tujuan yang bersifat informatif
1. Tujuan yang bersifat informatif
Menyediakan suatu informasi
tertentu kepada pengguna, berupa teks, grafik, audio, dan video.
2. Tujuan yang bersifat
fungsional
Kemampuan untuk melakukan
suatu fungsi yang dibutuhkan pengguna, misal dengan menggunakan aplikasi
tersebut seorang guru dapat memperoleh nilai akhir dan statistik nilai guru
dari data-data ujian, tugas, kuis yang ia input ke dalam aplikasi.
Perencanaan
(planning)
Kegiatan yang digunakan
untuk menghitung estimasi biaya proyek pembuatan aplikasi berbasis web ini,
estimasi jumlah pengembang, estimasi waktu pengembangan, evaluasi resiko
pengembangan proyek, dan mendefinisikan jadwal pengembangan untuk versi
selanjutnya (jika diperlukan).
Analisis
(analysis)
Kegiatan untuk menentukan
persyaratan-persyaratan teknik dan mengidentifikasi informasi yang akan
ditampilkan pada aplikasi berbasis web. Analisis yang digunakan pada rekayasa
web dilakukan dari empat sisi, yaitu :
1. Analisis isi informasi
Mengidentifikasi isi yang
akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web ini. Isi informasi dapat berupa
teks, grafik, audio, maupun video.
2. Analisis interaksi
Analisis yang menunjukkan
hubungan antara web dengan pengguna.
3. Analisis fungsional
Analisis tentang proses
bagaimana aplikasi berbasis web ini akan menampilkan informasi kepada pengguna.
4. Analisis konfigurasi
Konfigurasi yang digunakan
pada aplikasi berbasis web, internet, intranet, atau extranet. Selain itu,
analisis ini juga meliputi relasi database dengan web jika diperlukan.
Rekayasa
(engineering)
Terdapat dua pekerjaan yang
dilakukan secara paralel, yaitu desain isi informasi dan desain arsitektur web.
Pada saat tahap desain, ada
beberapa hal yang perlu dilakukan :
Pembuatan
Diagram Wireframe (Gambar Rangka), tujuan dari diagram gambar rangka adalah
untuk menunjukkan bagaimana lay out halaman web dan menunjukkan di mana fungsi
dan konten seperti navigasi, kotak pencarian, elemen bentuk dan sebagainya,tanpa
desain grafis.- Authoring, adalah
istilah yang digunakan untuk proses mempersiapkan konten untuk nantinya diunggah di Web,
atau lebih khusus, menandai konten dengan tag HTML yang menggambarkan isi
dan fungsinya.
- Styling, dalam development web,
penampilan halaman dalam browser dikendalikan oleh aturan style yang
ditulis dalam CSS ( Cascading Style Sheets )
- Scripting dan pemrograman, ada bahasa
pemrograman web terkait diantaranya PHP, Ruby, Python, dan ASP.NET,
yang berjalan pada server dan mengolah data dan informasi sebelum dikirim
ke browser pengguna.
Pengujian dilakukan setelah
implementasi selesai dilaksanakan. Pengujian meliputi beberapa parameter yang
akan menentukan standar aplikasi berbasis web yang telah dibuat. Tahap
pengujian adalah suatu proses untuk menguji aplikasi berbasis web yang telah
selesai dibuat. Hal ini bertujuan untuk menemukan kesalahan dan kemudian
memperbaikinya. Pengembang suatu aplikasi berbasis web mendapat tantangan besar
untuk melakukan pengujian karena karakter aplikasi ini yang beroperasi pada
jaringan dengan berbagai macam pengguna, berbagai macam sistem operasi,
perangkat keras, browser, protokol komunikasi, dll.
Ada beberapa pendekatan
yang digunakan untuk melakukan pengujian, yaitu :
1. Pengujian fungsional dan operasional (fungsional and operational testing)
1. Pengujian fungsional dan operasional (fungsional and operational testing)
Bertujuan untuk menguji
masukan dan keluaran dari aplikasi ini.
Hasil keluaran aplikasi bergantung dari teknologi yang digunakan, baik itu bahasa pemrograman maupun bahasa skrip yang digunakan.
Untuk menguji code HTML dan CSS yang digunakan dapat menggunakan alat bantu W3C HTML Validation Service di http://validator.w3.org/ dan W3C CSS Validation Service di http://jigsaw.w3.org/css-validator/
Hasil keluaran aplikasi bergantung dari teknologi yang digunakan, baik itu bahasa pemrograman maupun bahasa skrip yang digunakan.
Untuk menguji code HTML dan CSS yang digunakan dapat menggunakan alat bantu W3C HTML Validation Service di http://validator.w3.org/ dan W3C CSS Validation Service di http://jigsaw.w3.org/css-validator/
2. Pengujian navigasi
(navigation testing)
Hal ini digunakan untuk
melihat kesesuaian antara desain navigasi dengan navigasi yang ada di aplikasi.
Navigasi berhubungan dengan link-link yang terdapat didalam aplikasi.
Untuk menguji link dapat
digunakan alat bantu W3C Link Checker Service di http://validator.w3.org/checklink
3. Pengujian konfigurasi
(configuration testing)
Pengujian ini dilakukan
pada sistem operasi, browser, sistem perangkat keras dan perangkat lunak
pendukung. Pengujian ini dilakukan untuk menentukan batas toleransi kebutuhan
aplikasi akan perangkat lunak dan perangkat keras pendukungnya.
4. Pengujian keamanan dan
performansi (security and performance testing)
Pengujian ini dilakukan untuk melihat
tingkat keamanan aplikasi dengan cara menguji aspek-aspek yang dapat
menimbulkan gangguan keamanan aplikasi maupun server. Keamanan aplikasi sangat
bergantung pada teknologi pengembangan website, konfigurasi server yang
digunakan dan kelakuan sistem. Pengujian performansi dapat dilakukan bersamaan
dengan pengujian keamanan aplikasi, karena keamanan aplikasi berbasis web juga
tergantung dari performansi server dan aplikasi tersebut.
Evaluasi
oleh konsumen (customer evaluation)
Suatu kegiatan akhir dari
siklus proses rekayasa web, akan menentukan apakah web yang telah selesai
dibuat tersebut sesuai dengan yang mereka inginkan. Apabila aplikasi berbasis
web ini belum sesuai dengan kehendak mereka, maka proses rekayasa web akan
terus dilakukan dan dimulai lagi dari tahap formulasi untuk versi berikutnya.
Perangkat
pengembangan aplikasi web
Untuk perangkat pengembangan aplikasi
web dapat dikelompokan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak.
Perangkat
Keras
Untuk lingkungan pengembangan web yang
nyaman,berikut ini peralatan yang sebaiknya disediakan:
- Komputer Utama, dengan operating system
Macintosh, Windows, ataupun Linux. Perusahaan pengembangan web profesional
cenderung berbasis Macintosh.
- Memori tambahan.sebaiknya computer memiliki
memori yang besar, karena dalam pengembangan web cenderung kita akan
membuka beberapa aplikasi sekaligus.
- Sebuah monitor besar. Meskipun bukan keharusan,
monitor besar memudahkan untuk desainer visual. Semakin besar monitor,
semakin banyak jendela dan panel kontrol dapat terbuka pada waktu yang
sama.
- Sebuah scanner dan / atau kamera digital. Jika mengantisipasi
membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk
membuat gambar.
- Sebuah komputer kedua. Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang
menjalankan platform yang berbeda dari komputer utama yang mereka gunakan
untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berbeda pada Mac dan pada
mesin Windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak
mungkin system operasi berbeda.
- Perangkat mobile/smartphone.Saat ini banyak orang
mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kita perlu menguji
penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada
smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang
dapat digunakan sebagai penguji web kita
Perangkat Lunak
Untuk perangkat lunak pengembangan web
dapat dikelompokkan menjadi beberapa, diantaranya :
Web page
authoring
Ini adalah kelompok perangkat lunak seperti
desktop publishing tetapi format yang dihasilkan adalah halaman web. Aplikasi
ini biasanya bersifat “WYSIWYG” (What You See Is What You Get, dibaca “whizzy-wig”)
yaitu apa yang kamu lihat, itulah yang kamu dapatkan. Jadi aplikasi ini
biasanya ketika membuat tampilannya seperti yang akan dihasilkan.
Beberapa contoh aplikasi yang termasuk
dalam kelompok ini :
·
Adobe
Dreamweaver, aplikasi ini berbayar dan dibawah lisensi perusahaan Adobe,
aplikasi ini banyak digunakan oleh pengembang web. Memiliki banyak fasilitas
dan fiture.
·
Microsoft
Expression Web (lisensi dari Windows). Bagian dari Microsoft’s suite yang merupakan aplikasi
perancangan professional.
Nvu
(Linux, Windows, dan Mac OS X). Tidak ingin membayar untuk Editor WYSIWYG? Nvu
(diucapkan N-view, untuk "pandangan baru") adalah sebuah aplikasi open
source (sumber terbuka) yang cocok dengan banyak fitur dalam Adobe Dreamweaver,
dan dapat diunduh secara gratis di nvu.com
Editor
Ini
adalah kelompok perangkat lunak yang kebalikan dari Adobe Dreamweaver Microsoft
Expression Web. Aplikasi ini tidak lagi “WYSIWYG” (What You See Is What You
Get”) tetapi lebih ke kode HTML. Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam
kelompok ini :
- TextPad (Windows saja).
TextPad adalah plain-text sederhana dan murah untuk editor kode di Windows.
- Teks
Sublime
(Window, Mac, Linux). Editor teks ini terlihat dipreteli namun memiliki
banyak fungsi (seperti kode warna dan ikhtisar kode penuh) bagi pengembang
web.
- Coda
oleh Panic
(hanya Macintosh). Pengguna Coda seperti alur kerja yang visual, alat-alat
manajemen file, dan built-in akses terminal.
- Textmate
oleh MacroMates
(hanya Macintosh). Editor teks canggih ini memiliki alat manajemen proyek
dan antarmuka yang terintegrasi dengan sistem operasi Mac. Hal ini semakin
populer karena disesuaikan, kaya fitur, dan murah.
- BBEdit
oleh Bare Bones
Software (hanya Macintosh). Untuk pengembang web banyak fitur shortcut yang besar telah membuat
editor terkemuka berbasis Mac
Aplikasi editing gambar dan
menggambar
Untuk
menambahkan gambar ke halaman web, akan perlu program editing gambar. Berikut
ini beberapa aplikasi yang cukup populer :
- Adobe Photoshop. Photoshop dapat dikatakan sebagai standar
industri untuk penciptaan gambar baik dalam cetak maupun dunia web.
- Adobe Photoshop Elements. Versi ini lebih ringan dari Photoshop dirancang
untuk mengedit foto dan manajemen, tetapi beberapa penggemar menemukan
bahwa ia memiliki semua alat
yang diperlukan untuk menempatkan gambar pada halaman web.
- Adobe Illustrator. Karena desainer perlu membuat logo, ikon, dan
ilustrasi di berbagai ukuran dan resolusi,untuk itu semua aplikasi ini
sangat membantu. Aplikasi
ini juga dapat dipadukan dengan Photoshop
- Adobe Fireworks. Program grafis web ini menggabungkan
editor foto dengan alat untuk membuat ilustrasi berbasis vektor. Ia juga
memiliki alat-alat canggih untuk grafis web.
- Corel Paint Shop Photo Pro (Windows saja). Editor gambar
yang penuh fitur
ini populer di pengguna Windows,
terutama karena harga yang rendah.
Aplikasi Internet
Karena
hasil akhir dari pengembangan halaman web digunakan di Internet, maka
diperlukan beberapa aplikasi untuk membuka halaman web, biasa disebut
“browser”. Berikut ini beberapa aplikasi
browser yang cukup populer :
- Windows:
- Internet Explorer
- Chrome
- Firefox
- Safari
- Opera
·
Macintosh
OS X:
o
Safari
o
Chrome
o
Firefox
o
Opera
- Browser perangkat bergerak
(mobile)
- Mobile Safari (iOS)
- Android Browser
(Android)
- BlackBerry Browser
(RIM)
- Nokia Series 40 dan
Nokia Browser for Symbian
- Opera Mobile dan Mini
(installed on any device)
- Internet Explorer
Mobile (Windows Phone)
- Silk (Kindle Fire)
Aplikasi
transfer file (FTP/File Transfer Protokol).
Sebuah aplikasi FTP memungkinkan untuk
mengunggah dan mengunduh file antara komputer kita dan komputer yang akan
menjadi tempat halaman web/web server. Beberapa aplikasi authoring web
sebelumnya juga memiliki aplikasi FTP yang terintegrasi langsung. Ada juga
aplikasi FTP khusus, seperti yang tercantum di bawah ini:
- Windows
·
WS_FTP
·
CuteFTP
·
AceFTP
·
Filezilla
·
Macintosh
·
Transmit
·
Cyberduck
·
Fetch
Rangkuman
Alternatif model dari
Pengembangan Aplikasi Web adalah sebagai berikut : Formulasi, Perencanaan
(planning), Analisis (analysis), Rekayasa (engineering), Implementasi (page generation) & pengujian (testing), Evaluasi oleh konsumen
(customer evaluation).
Untuk perangkat
pengembangan aplikasi web dapat dikelompokan menjadi perangkat keras dan
perangkat lunak. Perangkat lunak terdiri dari Web page authoring, HTML Editor,
Aplikasi editing gambar dan menggambar, Aplikasi Internet, dan Aplikasi
transfer file.
Komentar
Posting Komentar